Minggu, 18 November 2007

Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon


Logo Ubuntu


Ubuntu buat kamu



Ubuntu adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem operasi ini sangat cocok untuk laptop, desktop, dan server. Kamu dapat menggunakan Ubuntu dirumah, mengerjakan tugas-tugas sekolah, atau ditempat kerja. Karena Ubuntu mempunyai kumpulan aplikasi yang kamu butuhkan untuk berbagai tugas, seperti membuat dokumen, mengirim email, sampai ke perangkat lunak server dan aplikasi untuk pemrograman.



Sesuai pernyataan di situs www.ubuntu.com. Ubuntu akan selalu tersedia secara gratis. Kamu tidak harus membayar lisensi untuk menggunakan Ubuntu. Kamu dapat mengunduh, menggunakan, dan menyebarkan Ubuntu ke teman-teman kamu, keluarga, atau rekan bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk lisensi.



Ubuntu dirilis setiap enam bulan sekali. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh aplikasi terbaru dan terbaik yang ditawarkan oleh komunitas open source. Saat ini versi ubuntu terbaru adalah v7.10 yang dikenal dengan nama Gutsy Gibbon.



Proses instalasi



Untuk menginstalasi Ubuntu yang kamu perlukan hanyalah satu CD. Didalamnya terdapat aplikasi-aplikasi lengkap untuk pekerjaan sehari-hari. Jika kamu membutuhkan aplikasi tambahan. Kamu dapat memperolehnya secara online. Ubuntu menggunakan installer berbasis grafis. Dengan hanya beberapa kali klik, kamu sudah dapat menginstalasi Ubuntu pada harddisk. Bahkan lebih mudah dari menginstalasi Windows XP yang installer bawaannya masih berbasis teks. Jika kamu masih ragu-ragu menggunakan Ubuntu, jangan khawatir karena Ubuntu tersedia dalam Live CD. Artinya kamu dapat menjalankan linux dengan hanya menggunakan CD tanpa harus melakukan instalasi pada harddisk.



Perubahan dari versi sebelumnya




  • Compiz fusion

  • AppArmor security framework

  • Fast desktop search

  • Fast user switching

  • Improvements in plug-in handling for Mozilla Firefox (Ubufox)

  • Graphical configuration tool for X.org

  • a revamped printing system with PDF printing by default



Desktop Ubuntu



Desktop UbuntuKetika kamu sudah menjalan Ubuntu pada komputer kamu, yang pertama kali kamu temui adalah kemudahan. Desktop Ubuntu begitu bersih dan rapi, tanpa icon dan tema desktop Ubuntu begitu enak pandang.



Kamu dapat memperoleh Ubuntu di www.ubuntu.com



Sumber:

Tidak ada komentar: